Sunday, 24 April 2016

Arsitektur Game Engine

Pada posting saya kali ini, saya akan membahas mengenai arsitketur game engine selaku tugas dari matakuliah softskill Pengantar Teknologi Game. Nantinya kita akan membahas apa itu game engine, arsitekturnya dan mungkin akan sedikit menyinggung mengenai game engine itu sendiri.

GAME ENGINE

Dari namanya saja sudah membuat kita langsung berpikir kalau perangkat lunak komputer ini adalah untuk membuat suatu game. game engine adalah suatu perangkat lunak yang diciptakan dan digunakan untuk membuat game yang biasanya disediakan oleh suatu developer perangkat lunak dan digunakan oleh industri pengembang game baik berskala rumahan maupun berskala besar sepeti perusahaan. di era modern sekarang ini, game engine sangat berperan penting dalam dunia pembelajaran karena sangat banyak unsur edukasi yang berada pada game engine seperti, didalam game engine terdapat modelling baik itu 2 Dimensi maupun 3Dimensi, terdapat bahasa pemrograman yang berguna untuk membuat alur logika dari game tersebut, dan juga terdapat editing sound dan skenario dari game itu sendiri.

setelah pengenalan game engine diatas mari kita masuk ke pembahasa ARSITEKTUR GAME ENGINE itu sendiri

ARSITEKTUR GAME ENGINE

arsitektur game engine itu sendiri adalah sistem perangkat lunak yang diciptakan untuk mengembangkan suatu game, arti kata arsitek itu sendiri adalah rancangan yang berarti rancangan dari game engine.

rancangan dari game engine itu sendiri adalah sebagai berikut:

  • program game utama: yaitu suatu logika didalam game yang diimplementasikan dari suatu algoritma yang sesuai dengan tipe game yang kita buat
  • Rendering Engine: rendering sangat diperlukan dalam membangun suatu desain grafik pada komputer, terdapat beberapa metode yang dapat dipilih untuk rendering seperti rasterization, ray-tracing atau beberapa teknik rendering lainnya. rendering sangat dipengaruhi oleh GPU (Graphic Processing Unit), oleh karena itu untuk mendevelop game kita harus memilih GPU yang sesuai untuk rendering.
  • Audio Engine: yaitu engine yang berfungsi untuk memproses suara yang nantinya akan digunakan pada game yang kita buat, pemrosesannya berada pada CPU. 
  • Physics Engine: adalah yang bertanggung jawab pada penerapan fisik dari game, biasanya pada karakter game yang mulanya menembus objek didepannya dijadikan seakan-akan tidak dapat menembus dinding sebagai mana manusia asli.
  • AI (Artificial Intelligence): yaitu yang berperan membuat game menjadi seru, karena konsep musuh biasanya diterapkan menggunakan AI, karena AI adalah suatu kecerdasan buatan.

sekian penjelasan singkat saya mmengenai ARSITEKTUR GAME ENGINE.

SUMBER:
https://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine
https://en.wikipedia.org/wiki/Physics_engine


No comments:

Post a Comment